PROMO BULAN MARET 2009

BAGI ANDA SEKALIAN YANG BERGABUNG DENGAN KAMI DI BULAN INI, KAMI BERIKAN PROMO BEBAS UANG PANGKAL AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRAPUTRI ANDA PADA MUTIARAKASIH SCHOOL

Selasa, 16 September 2008

SMART BRAIN

Ketahui Perkembangan Otak Bayi

Pemegang kontrol utama seluruh pekerjaan dari setiap organ tubuh. Perkembangan dan cara kerja otak yang terjadi pada masa-masa awal kehidupan seorang anak. Faktor keturunan atau genetika bertanggung jawab pada perencanaan dasar jaringannya, yaitu membentuk seluruh jaringan otak. Faktor lingkungan atau pengalaman bertanggung jawab pada pembentukan dan penyesuaian detail/rinci dari hubungan-hubungan jaringan tersebut. Dr. Bruce Perry di Baylor college of Medicine, Houston, Amerika, mengatakan “pengalaman adalah kepala arsitek pembentuk otak”. Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif,yang akan sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupannya di masa yang akan datang. Jaringan otak anak yang mendapatkan banyak stimulasi akan berkembang mencapai 80% pada usia tiga tahun ! Rangsangan atau Stimulasi yang anda berikan pada anak Anda selama tiga tahun pertama inilah yang akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan otaknya dan menjadi dasar pembentuk kehidupan yang akan datang.

Pada minggu ketiga setelah bertemunya sperma dengan sel telur. Pada saat bayi dilahirkan bayi mempunyai 100 milyar sel otak. Sel-sel otak tersebut masih belum terhubung dalam satu jaringan. Pada kondisi ini, otak masih belum ‘matang’. Jaringan yang akan dibentuk oleh sel-sel otak inilah bagian yang sangat penting. Pembentukan sel-sel otak ini akan dipengaruhi oleh bagaimana bayi tersebut terhubung langsung dengan ‘dunia’ .

Rangsangan terus-menerus, yang Anda berikan melalui bentuk kegiatan secara berulang-ulang, akan semakin memperkuat hubungan antara sel-sel otak bayi. Agar Anda tahu, satu sel otak mampu membuat 15.000 hubungan dengan sel otak yang lain. Hubungan sangat rumit inilah yang membentuk jaringan sel-sel otak.

Pada saat usia anak Anda 3 tahun, otaknya akan membuat kira-kira 1000 trilyun hubungan, mencapai 2 kali lipat jumlah hubungan jaringan otak pada orang dewasa. Setelah anak berumur 11 tahun, hubungan antar sel-sel otak tersebut akan diseleksi secara alami. Hubungan yang sering digunakan akan semkin diperkuat dan menjadi permanen, sedangkan hubungan yang tidak pernah digunakan akan diputus atau dibuang. Disinilah pentingnya pengalaman pada usia awal/dini. Sebagai contoh, anak yang jarang diajak bicara atau dibacakan buku akan mengalami kesulitan dalam perkembangan bahasannya di masa datang. Hal tersebut disebabkan sel-sel otak yang mengendalikan fungsi bahasa tidak dipergunakan dengan baik sehingga hubungan antar selnya terputus.

Perkembangan antar sel-sel otak tentunya tidak terjadi secara sekaligus, tetapi berurutan berdasarkan prioritas pertumbuhan bayi. Artinya kemampuan yang harus dimilki bayi untuk bertahan hidup pada usia tertentu akan dibentuk terlebih dahulu daripada kemampuan lainnya. Contohnya begini, selama masa kehamilan, sel-sel otak akan membentuk cortex (bagian otak yang digunakan untuk berfikir) pada tempat dan waktu yang tepat. Waktu pembentukan ini disebut sebagai waktu utama atau periode peka. Kegagalan pembentukan bagian ini akan berakibat pada terganggunya perkembangan (atau bahkan tidak terbentuknya) bagian tersebut. Akibat, bayi akan lahir dalam cacat mental. Kegagalan pembentukan cortex dapat terjadi pada ibu-ibu yang suka minum-minuman keras,merokok,mengonsumsi obat-obatan terlarang,atau infeksi akibat toksoplasma.

Periode peka perkembangan otak terjadi pada bayi belum lahir dan sesudah lahir. Panjang periode peka tersebut bisa lama dan bisa juga sangat pendek. Dr. Montessori telah banyak melakukan penelitian tentang periode peka pada perkembangan anak, jauh sebelum para ahli saraf mengetahui tentang cara kerja bagian-bagian otak. Ternyata, periode peka yang ditemukan oleh Dr. Montessori itu berhubungan erat dengan periode dimana jaringan otak yang mengendalikan fungsi-fungsi tubuh itu tumbuh dan berkembang.

Munculnya periode peka bisa berlainan pada tiap-tiap anak, tergantung faktor keturunan dan terlebih lagi pada stimulasi-stimulasi yang pernah diterimanya. Pada periode peka ini, Anda akan lebih mudah mengajarkan hal-hal pada tabel 1 dari pada setelah periode peka ini berakhir. Hubungan Anda dengan anak akan sangat mempengaruhi berhasil-tidaknya anak Anda menerima stimulasi, yang pada akhirnya menentukan pembentukan jaringan otak anak dibentuk.

Para ahli menemukan dengan memberikan kehangatan dan kasih sayang, serta memberikan respon yang cepat, Anda akan memperkuat sistem biologis, yang membantu anak Anda mengendalikan emosinya.

Prinsip – prinsip perkembangan otak adalah sebagai berikut ;
Ø Dunia luar atau lingkungan akan mempengaruhi bentuk jaringan otak.
Ø Dunia luar, yang dialami oleh anak melalui penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan rasa, akan mampu memerintahkan otak untuk membuat dan merubah bentuk hubungan jaringan.
Ø Otak akan bakerja dengan prinsip ‘digunakan atau dibuang’.
Ø Hubungan dengan orang lain pada awal kehidupan anak menjadi sumber utama dalam perkembangan otak, terutama bagian otak yang mengendalikan emosi dan pikiran.

Tidak ada komentar: