PROMO BULAN MARET 2009

BAGI ANDA SEKALIAN YANG BERGABUNG DENGAN KAMI DI BULAN INI, KAMI BERIKAN PROMO BEBAS UANG PANGKAL AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRAPUTRI ANDA PADA MUTIARAKASIH SCHOOL

Selasa, 23 September 2008

Stimulasi Penting Berdasarkan Usia (24-36 Bulan)

EMOSI
  1. Biarkan dan berikan kesempatan anak Anda melakukan berbagai eksperimen, bermain, dan berinteraksi dengan anak sebayanya. Usia 2 tahun sering disebut sebagai awal usia “anak nakal” atau “anak suka melawan”. Hal ini terjadi karena anak Anda sedang belajar untuk memisahkan antara tindakan dan pikirannya. Pada usia ini, yang sering terjadi adalah ketika tubuhnya sedang melakukan sesuatu, pada saat yang sama pikirannya juga sedang bekerja. Anak anda akan bereksperimen dengan cara berkonflik/menentang dan kemudian mengerti apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dengan ucapan, cara bereaksi, dan ungkapan emosi di depan anak Anda karena dia akan segera menirukannya.
  2. Katakan apa yang sedang dialami anak Anda ketika dia marah. Misalnya “Adik marah karena balok susunnya ambruk ya…”Karena belum tahu dan belum bisa cara mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, anak seusia ini sering mengekspresikannya dengan cara berteriak atau marah. Hal ini bisa bervariasi, tergantung pada temperamen anak Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu tanda-tanda kapan anak Anda kelihatan akan meluapkan rasa marahnya, apakah jika dia lapar, capek dan sebagainya. Dengan mengetahui dan mengurangi luapan amarahnya sehingga anak Anda semakin terlatih mengendalikan emosinya.

    Jika anak Anda sedang marah atau tidak bisa mengendalikan dirinya, Anda harus tetap tenang. Dengan sikap tenang ini Anda akan merasa lebih aman dan sekaligus mempelajari dari Anda tentang cara mengendalikan diri.
    Temperamen bawaan anak Andadan pengaruh lingkungannya akan membentuk jaringan di dalam otaknya, yang akhirnya membentuk jaringan didalam otaknya, yang akhirnya membentuk sifat personalitas diri anak Anda.
  3. Jawab semua pertanyaan anak Anda dengan jujur. Luangkan waktu yang lebih banyak untuk bercakap-cakap dengannya. Jangan menipu atau memarahinya jika dia menanyakan hal-hal yang bagi Anda merupakan pertanyaan yang “tidak bermutu” atau menanyakan hal yang sama berulang-ulang dan terus-menerus. Anak Anda akan mulai ingin tahu segala yang ada disekelilingnya. Rasa ingin tahunya berkembang demikian besarnya sehingga Anda sering kewalahan menanggapinya. Jika Anda salah dalam memperlakukannya, misalnya dengan melarang atau memarahi anak Anda yang bertanya terus menerus, maka dia akan tidak berani bertanya lagi. Akibatnya, perkembangan jaringan otaknya akan terhambat.

KEBIASAAN dan RUTINITAS

  1. Berikan mainan yang menarik gaya imajinasi,misalnya balok susun. Biarkan anak Anda memainkan mainannya sendiri, tetapi Anda menanyakan apa yang sedang dibuat atau dilkukannya. Bermain merupakan bagian yang terpenting bagi anak Anda untuk melatih seluruh kemampuannya. Walaupun anak Anda dibiarkan bermain sendiri, Anda tetap perlu mendampinginya. Jika ada hal-hal yang tidak dapat dilakukannya dan dia kelihatan mulai marah dan kesal,Anda harus segera membantunya.Kemampuan berimajinasi mambuat anak Anda berfikir abstrak. Yang dimaksud “berfikir abstrak” adalah kemampuan untuk berfikir atau melakukan visualisasi terhadap suatu konsep tanpa melihat langsung. Hal ini merupakan dasar kemampuan anak Anda terhadap bidang matematika,logika,dan kreatifitas.
  2. Berikan kesempatan anak Anda melakukan pekerjaan rumah ,seperti menyapu atau menyiapkan makan. Anak Anda sangat senang menirukan apa saja yang Anda lakukan dan sudah mengerti akan perintah sederhana. Kegiatan sehari-hari ini akan memberikan stimulasi dan kesempatan melakukan praktik kemampuan anak Anda, seperti membedakan menggunakan sendok kecil dan besar.
  3. Berikan kesempatan anak Anda untuk bermain bersama-sama dengan anak seusianya,baik di rumah teman Anda,playgroup,taman atau tempat lainnya. Pada usia ini anak Anda akan mulai senang bermain dengan orang lain. Hal ini sangat penting untuk mendorong kemampuan sosialnya.
  4. Mendekati usia tiga tahun ,tanyakan hal-hal yang telah dilakukan anak Anda sebelumnya. Hal ini penting untuk meningkatkan kemampuan daya ingat anak Anda akan waktu dan hubungan sebab akibat.

INDERA

  1. Berikan kesempatan bagi anak untuk mencium berbagai macam bau , mencoba berbagai macam rasa seperti manis, asin, kecut,dan pahit. Memperdengarkan berbagai macam bunyi –bunyian dari suara binatang ,musik, suara kendaraan,atau suara lainnya. Menyentuh benda dingin,hangat, dan agak panas. Seluruh indera anak Anda sudah berkembang dengan baik,tetapi masih perlu terus dilatih dalam hal cara anak Anda mengungkapkannya dalam kata-kata.

KOORDINASI GERAKAN

  1. Ajak sang anak untuk bermain di luar ruangan seperti di Taman yang memungkinkan anak Anda berlari,melompat, atau memanjat. Pada usia dua tahun ini, anak Anda akan terlihat sangat aktif. Otot-ototnya akan terlihat semakin kuat dan gerakan tiap-tiap bagian tubuhnya semakin terkoordinasi dengan baik. Dengan semakin banyaknya jenis gerakan yang dilakukan dan semakin banyaknya anak Anda mampelajari hal-hal baru,otaknya akan semakin berkembang membentuk jaringan baru.
  2. Berikan stiker untuk kegiatan tempel menempel, menggunting kertas, mewarnai gambar, menggambar, dan menulis. Mendekati usia tiga tahun , anak Anda akan menyenangi permainan tersebut. Permainan ini membantu anak Anda mengontrol kemampuan motorik halusnya.

BAHASA

  1. Perbanyak waktu untuk bercakap-cakap dengan anak Anda di setiap kesempatan. Mintalah anak Anda untuk menjelaskan berbagai hal yang anda tanyakan. Ajak anak bermain “pura-pura” telepon-teleponan,masak-masakan,atau sekolah-sekolahan. Kemampuan komunikasi dan bahasa anak Anda akan meningkat cepat sekali dan semakin mampu mengombinasikan banyak kata dalam kalimat yang diucapkannya.
  2. Perjelas/perpanjang apa yang dikatakan oleh anak Anda. Miisalnya anak Anda mengatakan “Papa kantor”, Anda bisa mengucapkan ulang ‘’iya,papa mau pergi ke kantor.” Dengan cara ini,kemampuan bahasa anak Anda akan berkembang lebih cepat tanpa merasa bahwa ucapannya sedang dibetulkan oleh Anda.

Tidak ada komentar: