PROMO BULAN MARET 2009

BAGI ANDA SEKALIAN YANG BERGABUNG DENGAN KAMI DI BULAN INI, KAMI BERIKAN PROMO BEBAS UANG PANGKAL AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRAPUTRI ANDA PADA MUTIARAKASIH SCHOOL

Senin, 22 September 2008

Stimulasi Penting Berdasarkan Usia (9-12 Bulan)

EMOSI
  1. Pelajari untuk membaca tanda-tanda emosi yang sedang dialami oleh bayi Anda, kemudian katakan apa yang sedang dirasakan olehnya. Misalnya, “Adik sedang marah ya… karena ditinggal mama”. Mengekpresikan perasaan dengan ucapan akan melatih bayi Anda mengungkapkan emosinya ke dalam sebuah ucapan. Hal ini akan mencegah bayi Anda melakukan hal-hal agresif sebagaibentuk pengungkapan emosinya.
  2. Katakan kepada bayi Anda tentang apa yang baru saja dilakukannya dan juga apa yang akan dilakukannya selanjutnya. Hal ini untuk mempersiapkan mental dan emosi bayi Anda tentang apa yang terjadi terhadap dirinya, sehingga dia merasa aman dan nyaman dengan apa yang dialaminya.

KEBIASAAN dan RUTINITAS

  1. Perlambat kegiatan-kegiatan rutin, seperti menyuapi makan sehingga bayi Anda mempunyai kesempatan untuk mempelajari apa yang sedang dilakukannya. Sesuai dengan perkembangan otaknya, kegiatan rutin yang selama ini telah dilakukan akan mulai disadari sebagai kegiatan yang perlu dipelajari.
  2. Ajak bayi Anda bermain menebak benda yang disembunyikan. Hal ini dapat melatih daya ingat bayi Anda.

INDERA

  1. Berikan mainan yang memiliki beragam bentuk , ukuran, berat, atau bahan. Memberitahukan nama benda tersebut. Selain itu, memperdengarkan berbagai jenis music dan suara. Sebagai hasil dari stimulasi sebelumnya, pada usia ini bayi Anda mulai memperhatikan adanya benda-benda yang sama ataupun berlainan, tergantung dari indera yang digunakannya. Misalnya, benda yang bentuknya sama tetapi mengeluarkan uara yang berlainan.

KOORDINASI GERAKAN

  1. Letakkan mainanyang menarik ke dalam kotak besar di tempat yang agak jauh dari bayi Anda. Kemudian, mintalah bayi Anda untuk memasukkan mainannya ke dalam kotak, membuka kertas pembungkus, menyobek kertas, bermain bola, dan sejenisnya. Permainan ini melatih bayi Anda untuk menggunakan otot-ototnya, baik otot yang berfungsi terhadap gerak motorik kasar maupun motorik halus.
  2. Letakkan penghalang seperti bantal di depan bayi Anda. Kemudian mintalah bayi Anda merangkak melalui penghalang tersebut. Hal ini akan melatih percaya diri, kecepatan, dan ketangkasan bayi Anda.

BAHASA

  1. Bacakan buku bergambar sambil menunjuk dan mengucapkan gambar yang sedang dibaca tersebut dalam keadaan dimana Anda dan bayi Anda sedang rileks dan tenang. Mengatakan apa yang sedang Anda lakukan. Menyanyikan lagu secara berulang-ulang. Kemampuan bahasa bayi Anda berkembang dengan baik di dalam lingkungan yang selalu hangat dan nyaman. Dengan mengucapkan sambil menunjukkan gambarnya, bayi Anda akan belajar menghubungkan suara/ucapan dengan benda yang dimaksudkan.
  2. Hargai bayi Anda dengan menunjukkan rasa senang Anda terhadap usahanya untuk berkomunikasi. Karena merasa dihargai, bayi Anda akan selalu berusaha untuk mengucapkan apa yang sedang diinginkannya.

Tidak ada komentar: