PROMO BULAN MARET 2009

BAGI ANDA SEKALIAN YANG BERGABUNG DENGAN KAMI DI BULAN INI, KAMI BERIKAN PROMO BEBAS UANG PANGKAL AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRAPUTRI ANDA PADA MUTIARAKASIH SCHOOL

Senin, 22 September 2008

Stimulasi Penting Berdasarkan Usia (6-9 Bulan)

EMOSI

  1. Tunjukkan rasa kasih sayang Anda dengan cara sering memeluk dan mencium bayi Anda. Berikan mainan yang mudah dipegang, serta aman digigit atau dilempar. Pada usia ini, bayi mulai mengerti tentang keberadaan dirinya sendiri, orang yang mengasihinya, serta orang yang asing bagi dirinya. Dengan rasa kasih sayang yang diterimanya, dia akan merasa aman dan nyaman terhadap lingkungannya.
  2. Bermain “petak-umpet” atau “cilukba”. Jika Anda berada diruangan lain, panggil namanya atau lambaikan tangan kepada bayi Anda. Memberikan pengertian bahwa orang atau benda atau benda yang dilihatnya (“hilang”) akan kembali lagi. Hal ini akan memberikan rasa aman pada bayi Anda sehingga perkembangan emosinya bisa tumbuh dengan baik.
  3. Tunjukkan rasa senang Anda dengan bertepuk tangan terhadap apa yang dilakukan oleh bayi Anda dan memintanya untuk mengulanginya. Memberikan pengertian bahwa dirinya dihargai oleh orang lain.

KEBIASAAN dan RUTINITAS

  1. Lanjutan dan sesuaikan kegiatan rutin bayi Anda sesuai dengan perkembangannya secara konsisten. Pada usia ini, bayi Anda mulai berusaha menguasai kemampuan terhadap hal-hal yang dilakukannya. Oleh sebab itu, hindarkan keinginan untuk mempercepat setiap kegiatan seperti acara makan, mandi, bermain, berinteraksi dengan orang lain.

INDERA

  1. Amankan isi rumah dari hal-hal yang dapat membahayakan bayi Anda, seperti menyimpan barang-barang pecah-belah dan benda-benda kecil diluar jangkauan bayi Anda. Bayi Anda mulai mempelajari segala sesuatu di sekelilingnya dengan menggunakan seluruh indera yang dimilikinya. Dia mulai melatih ketangkasan dengan menjelajah sekelilingnya karena didorong oleh rasa ingin tahunya terhadap lingkungan.
  2. Berikan mainan yang bisa ditekan dan ditarik, mengeluarkan suara bervariasi, mempunyai bahan yang keras dan lunak, dan bentuk yang bervariasi pula. Berbagai jenis mainan ini akan merangsang pertumbuhan jaringan otak yang mengendalikan seluruh inderanya.

KOORDINASI GERAKAN

  1. Berikan latihan menggerakkan jari, tangan, dan kakinya dengan cara mengajaknya bermain di lantai yang bersih dan aman atau menari bersama-sama. Kemajuan kemampuan gerakan bayi Anda sangat dipengaruhi oleh perkembangan otak diusia sebelumnya. Sebaliknya, stimulasi gerakan pada usia ini juga akan mempengaruhi perkembangan otak selanjutnya.
  2. Memberikan kesempatan pada bayi Anda untuk menjelajah seluruh rumah. Sebelumnya, tentunya isi rumah sudah harus diamankan bagi bayi Anda sehingga mengurangi keinginan Anda untuk melarang bayi Anda menjelajahi sekeliling rumah. Membiarkan bayi Anda memuaskan rasa ingin tahunya akan sangat berpengaruh pada perkembangannya selanjutnya. Terlalu sering melarangnya akan menyebabkan bayi Anda stress, rasa keingintahuannya menurun, dan berakibat pada penurunan perkembangan otaknya.
  3. Latih bayi Anda untuk mulai merangkak dengan cara meletakkan mainan atau barang lain yang menarik (atau diri Anda sendiri) didepan bayi Anda (hampir berada dalam jangkauannya). Merangkak akan membantu memperkuat otot yang nantinya dipakai untuk berjalan.

BAHASA

  1. Tirukan suara yang sering diucapkan oleh bayi Anda, seolah-olah Anda mengajaknya bicara. Dengan mendengarkan suara yang sudah dikenalnya, bayi Anda akan terstimulasi untuk mengucapkan suara yang sama dan kemudian akan berkembang dengan kata-kata lain.
  2. Bacakan buku bergambar dengan suara yang agak keras, lalu mintalah bayi Anda untuk menunjuk gambar atau benda yang telah diketahuinya. Jangan menggunakan televise sebagai sarana untuk merangsang kemampuan bahasanya karena stimulasi yang efektif adalah komunikasi dua arah. Dengan memintanya aktif berbicara, kemampuan bahasanya akan berkembang dengan cepat.

Tidak ada komentar: